Welcome!


Selamat datang di Kendaribeach, proyek rame-rame dari beberapa blogger Kendari. Untuk berpartisipasi, kirimkan ko punya profil singkat dan komentar ke Forum Silaturahmi Masyarakat Sultra :

Forum ini terselenggara atas bantuan Ichal dari Kendari Info. Logo Design by Mokokoro.

Dec 21, 2007

Menentukan Arah Kiblat Mesjid dengan IT

Kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mengukur kelurusan kiblat mesjid dengan memanfaatkan software google earth sebagaimana kita ketahui bahwa pembangunan mesjid seringkali sangat bergantung pada posisi jalan, kontur tanah dan kelerangan dari tanah tempat didirikannya mesjid tersebut. selain itu faktor dana juga bisa jadi alasan hal lainnya mungkin disebabkan oleh karena teknologi yang bisa dimanfaatkan pada saat pembangunan mesjid belum memadai.

disini saya mengajak pembaca untuk melakukan cek kelurusan arah kiblat beberapa mesjid di kota Kendari, silahkan cek kelurusan mesjid di dekat rumah anda, ok kita langsung praktek. Pertama-tama siapkan software google earth yang bisa anda download di sini pertama tentukan letak Ka'bah menurut hitungan Posisi Ka'bah akan ditemukan di Longitude 39.50 East dan Latitude 21.25 North. Pada titik ini langsung saja ditarik line (menunya ada di google earth yang untuk mengukur jarak) ke arah indonesia, kearah kota kendari. Gambarnya sebagai berikut :







Contoh kasus adalah lokasi mesjid Agung Al-Kautsar mesjid terbesar di kota kendari, Setelah coba ditarik garisnya, ternyata menghasilkan gambar seperti yang disamping/bawah ini






Menunjukkan kelurusan arah kiblat dari mesjid ini InsyaAllah sudah lurus, saya mencoba mengecek kelurusan mesjid Nurul Falah dan hasilnya seperti berikut






Terlihat garis kuning adalah garis arah kiblat yang lurus dan garis merah adalah garis kiblat dari mesjid Nurul Falah, terlihat bahwa ada kemiringan beberapa derajad dari arah kiblat yang seharusnya, nah bagaimana dengan mesjid dekat rumah anda? Selamat mencoba *Ichal- http://Kendari.info

9 comments:

alumni STAN said...

ide brilyan. selama ini main google earth ngak nyampe pikiran buat nge cek arah kiblat udah bener atau belum. makasih banyak atas idenya.

Lintasberita said...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Teknologi/Menentukan_Arah_Kiblat_Mesjid_dengan_IT/

arsyad said...

Bagus sekali postingannya kali ini.. mudah2an postingan ini dibaca juga sama orang2 di sekitar Nurul Falah.. dorang pusingmi nanti ingat2 sembahyangnya sah tidak? sah tidak? sah tidak?

oentoe09 said...

thanks Bro..btw pa kabare.???
sibuk apa sekarang bro?

Exalute said...

Salam kenal ya
sesama blogger kendari
pasangin dong lonk blogku di http://exalute.wordpress.com
key mi bro

Masyhuri said...

Mas zcopy paste nah ini tulisan

marten said...

tabee ana kendari lewat

http://taghyr.wordprees.com

Joe Arsitek said...

Yup, Artikel yang menarik.
SALAM KENAL....!!!

obat jerawat herbal said...

thanks infox gan,,