Welcome!


Selamat datang di Kendaribeach, proyek rame-rame dari beberapa blogger Kendari. Untuk berpartisipasi, kirimkan ko punya profil singkat dan komentar ke Forum Silaturahmi Masyarakat Sultra :

Forum ini terselenggara atas bantuan Ichal dari Kendari Info. Logo Design by Mokokoro.

Jan 30, 2007

Cari Pasangan dengan Molulo

Bagaimana bisa?

Bisa saja to...,soalnya Tari Molulo merupakan tarian pergaulan, yang umumnya dibawain oleh para muda-mudi.Tarian ini dibawakan sambil bergandengan tangan dengan membentuk lingkaran,dan kadang bisa ada beberapa lingkaran yang dibuat, bukan lingakaran yang terpisah, tapi dalam lingkaran ada lingkaran lagi.

Tarian ini dibawain dengan lagu dan diiringi dengan alat-alat musik tradisional lainnya.Tapi sekarang cukup diiringi Band ataupun Organ Tunggal,dan kalau mau yang sederhana, cukup dengan memutar lagunya lewat CD, atau, cukup pake Tape. Lagu yang sering dimainkan adalah lagu Daerah, maupun Lagu-lagu lainnya yang kira-kira cocok. Lagu-lagu Ambon atau Lagu Menado, cocok juga itu..

Namanya juga Tarian Pergaulan, pasti peminatnya banyak banget di kalangan kaum muda-mudi, baik sekedar kenalan ataupun cari pasangan.

Kalau dalam lingkaran itu ada yang diincar,ga perlu nunggu musiknya berhenti, langsung masuk aja, tapi liat-liat dulu kalo mau masuk. Jangan sampai disampingnya sudah ada pasangannya, bisa kacau. Kalau kamu laki-laki, liat dulu pasangannya, disebelah mana, kiri atau kanannya, soalnya kamu bisa masuk dari sebelah kirinya doang, begitupula sebaliknya kalo kamu cewek, kamu bisa masuk disebelah kananya cowok. Tapi kalo belum ada pasangannya, kamu boleh masuk disebelah mana saja.

Kalo mau nanya ataupun sekedar ngobrol, boleh saja, nari sambil ngobrol, asal sopan. Tapi Kalo mau cari keringat saja,ikut saja gerkannya, Jangan banyak Bacot, hehehe bercanda cess.
Buat kamu yang belu ngerti gimana gerak tarinya, bisa melihat-lihat dulu sambil belajar, Tapi kalo kamu PeDe, masuk saja, sambil belajar..toh...tapi kamu harus nunduk sambil melihat dan mengikuti gerak kaki yang sudah mahir. Konsekuesinya kamu ngga bisa ngobrol, ngga bisa kenalan, dan ga bisa PeDeKaTe karena terkonsen untuk mengikuti gerakan tarinya.

Tapi jangan coba-coba kamu berdampingan sama orang yang baru belajar, bisa kacau, soalnya kalau tak seragam gerakannya, bisa menginjak kaki orang lain.
Tarian ini sangat menarik, karena bisa diikutin secara masal seperti halnya tari SaJojo dari Menado, tapi keunggulannya kita bisa bergandengan tangan yang menggambarkan kedekatan dan ikatan persaudaraan yang kuat



Bagaiman dengan tari Molulo terpanjang akhir tahun lalu, sabelom dengar itu proses acaranya, mungkin ada yang bisa menambahkan?

5 comments:

.:diah:. said...

behh.. ini pengalaman pribadinya kah DeLaKeKe :p

owuh iyya, Desember kmarin kan ada FesTek (Festival Teluk) acaranya kbtulan d KeBi tp sa nda sempat liat sampai habs, coz sa pergi sore pulang habis Magrib.. na penutupannya itu malam.. so, sa nda tau miiiii, hehehehheh

.:diah:. said...

behh pengalaman pribadinya kah ini DeLaKeKe?? hehehh :p

owuhh iyyaa, Desember kmrin ada FesTek (Festival Teluk) rame kasian. banyak orang molulo,, tp sa nda liat penutupannya, coz sore sa pergi pulang Magrib, kyknya penutupannya itu lebih rame lagi.. gitu..:)

tari mokui said...

hi delakeke..selamat bergabung!!!
nice article..i luv it :)

btw...lulo memang asik..saking asiknya, dorang bisa tahan goyang sampe pagi :D

Acara2 di instansi pemerintah/swasta biasanya juga diakhiri dengan molulo, makanya untuk pejabat yang baru pindah ke kendari bisa dibilang PR pertamanya adalah belajar tarian ini....

try said...

Hah masak???!! bisa cari pasangan dengan molulo??? sa mo coba deng huehehehe ;p Molulo dengan Josh Harnett kayaknya asyik tuhhh...:D

Anonymous said...

izin copy paste ke grup facebook