Welcome!


Selamat datang di Kendaribeach, proyek rame-rame dari beberapa blogger Kendari. Untuk berpartisipasi, kirimkan ko punya profil singkat dan komentar ke Forum Silaturahmi Masyarakat Sultra :

Forum ini terselenggara atas bantuan Ichal dari Kendari Info. Logo Design by Mokokoro.

Jan 18, 2007

Tourist spots di kendari???mmmm.......

Aneh rasanya kalo ada yang tanya tentang objek wisata yang menarik di Kendari. Almost speechless....Karena menurutku belum tertata rapi hingga sisi cantiknya belum terlihat.

Terus terang, saya saja baru 2 kali ke pantai Taipa, sekali ke Batu Gong dan belum pernah ke Moramo dan Rawa Opa. Setahuku objek wisata itulah yang lumayan populer disana. Dua yang terakhir malah menyimpan kekayaan alam yang luar biasa selain kecantikan alamnya.
Saya sendiri termasuk orang yang senang travelliing sambil ukur jalan, tapi karena tidaklah gampang untuk mencapai tempat-tempat itu, maka keinginan itu tertekan dengan sendirinya.
Terus terang, saya pun ingin mengenal daerah sendiri, apalagi melihat secara langsung kekayaan alam yang dimilikinya. Yah...sukur-sukur kalau bisa diabadikan dalam flickr.com.

Setelah kupikir pikir, main ke tempat wisata di Kendari memang tidaklah gampang dan kurang nyaman. Pertama, sarana transportasi ke sana yang kurang padahal tempatnya rata-rata cukup jauh dari kota Kendari. Otomatis kita harus punya kendaraan pribadi atau carter angkot buat ke sana. Untuk itu, jelas dibutuhkan dana ekstra. Padahal tau sendiri, pendapatan perkapita rakyat kendari, termasuk saya masih sangat rendah. Mana sempat pikirkan jalan ke moramo yang jauh itu, makan saja masih numpang sama pace mace....

Masih ada kaitannya dengan transportasi, jalan ke daerah wisata terkadang masih jauh dari mulus dan kurang fasilitas pendukung lainnya. Satu saat, akibat kurangnnya papan penunjuk arah dan kondisi jalan yang rusak parah sempat membuat saya cukup senewen. Karena kami tersesat di tengah belantara menuju Batu Gong tanpa satupun warga sekitar yang terlihat. Untungnya saat itu, saya bersama teman-teman yang lain, jika tidak..entah...apa yang terjadi. Kita berkendara dengan hanya berdasarkan pada pengalaman teman yang pernah ke sana. Itupun sekitar sepuluh tahun yang lalu...wahhhhh........

Alasan lainnya adalah sarana dan prasarana di tempat wisata yang inconvenience. (?hmmm..sengaja pake bahasa sulit biar kesan dramatisnya lebih terasa). Toilet yang kurang nyaman bahkan terkadang airnya terasa asin. Jadi, setiap kali ke sana, pulangnya badan pasti kurang fit. Bagaimana tidak....kondisi toilet umum yang kurang nyaman tadi bikin kita tersugesti untuk menunda-nunda panggilan alam. Alhasil, saat kesempatan itu datang, bukannya kenyamanan yang didapat justru rasa sakit yang dituai.

Yang terakhir menurutku kurang adanya publikasi. Kayanya asik juga kalau ada event besar diadakan di sana. Tapi yah itu...siapa yang akan sediakan dananya?
So, kalau ada teman dari luar kota main ke Kendari, mendingan ajak saja ke Kendari Beach makan ikan bakar sama nasi panas, sambal colo-colo sama sayur kangkung tumis seafood...
Nyammmannnnyyaaaaaaaaaa........ditanggung bisa lupa utang....
Apalagi lokasinya juga gampang dicapai. Cukup naik pete-pete 1B kalau mau cepat. Tapi kalau mau ajak teman putar-putar di RRI, pete-pete 1A adalah pilihan yang tepat....
(TM: 19/01/07, 4 subuh wQLD)

8 comments:

anakonda said...

Waktu kecil, tiap minggu saya ke Kassilampe (sekarang Maya Ria) untuk belajar berenang, dan sekali-sekali ke BatuGong. Waktu itu airnya masih jernih. Namun sekarang, coba liat kondisi MayaRia, penuh rongsokan perahu. Pantai Batu Gong juga tidak seindah dulu, airnya keruh dan banyak sampah di mana mana. Selama keadaan lingkungan tidak diperhatikan, berikutnya mungkin pantai Taipa akan menyusul nasibnya seperti MayaRia. :(
Untuk air terjun Moramo, saya ingin ke sana lagi, sepertinya bagus untuk obyek foto. :)

tari mokui said...

yah..sedih liat teluk Kendari sekarang...
Taipa menurutku kurang asik buat tinggal berlama2 meskipun banyak vila yang baru dibangun..
hunting foto ke moramo? siapa takyuuuttt......

ani said...

kemarin kebetulan direksi kantor ada perjalanan dinas ke bau2, transit di kdi semalam. pas di kdi, rombongan minta diajak jalan2 keliling kdi, nyari tempat wisata yg menarik. awalnya agak bingung mo diajak kemana, akhirnya keliling kdi aja. and guest what did they said? kendari kayak gini to? kalo ada waktu banyak, kemarin mo ngajakin ke pantai toronipa. skrg toronipa kan jadi tempat wisata andalan di kdi. secara letaknya yg agak dekat dgn kota dibanding batu gong, moramo dll, dan juga panoramanya katanya cuantik tenan! *pengenketoronipa*

tari mokui said...

wah..thanks banget An..
what an useful info...
tari pernah dengar ttg pantai toronipa tapi lumayan jarang juga sih disebut2. Anyway, thanks banget infonya...
kalo punya foto2nya boleh juga tuh di share ke kendaribeach

wulan said...

Huuu... pengen pulang ke Kendari...
Pengen ke Toronipa, Batu goong, Taipa, Moramo, wonua monapa, etc...
Kendari emang kecil tapi aman. Kriminalitas rendah, orang2nya ramah, and yang pasti makanannya enak2....

arick said...

Kemaren waktu kembali ke pantai toronipa setelah sekian lama tak kesana ternyata pantai itu makin cantik saja....

richamoody said...

hahaha nati klo naik angkot,..1A sediakan penutup idung yach...hihihihi!!

but i still love kendari,,pantai tdk pernah membuatku bosan,..

yoez said...

sekarang lokasi wisata kendari makin berpotensi, cntohnya air terjun : air terjun watu2, moramo, nanga2, larowiu, dll. tapi sayang, pemerintah kurang memperhatikan sarana & prasarana tujuan wisata tersebut.. mungkin mereka terlalu pusing untuk memilih " yang mw dikorup proyek yang mna yah.?!?" wkwkwkwkw... jngan pura2 buta bos,, nnti buta bneran.....