Welcome!


Selamat datang di Kendaribeach, proyek rame-rame dari beberapa blogger Kendari. Untuk berpartisipasi, kirimkan ko punya profil singkat dan komentar ke Forum Silaturahmi Masyarakat Sultra :

Forum ini terselenggara atas bantuan Ichal dari Kendari Info. Logo Design by Mokokoro.

Feb 5, 2007

Kasoami

Sekilas membaca kata ini seperti istilah yang baru dari negeri sakura (Jepang ), seperti 'Origami'. Saya yakin, klo gak pernah ke Sulawesi tenggara, pasti tidak mengenal kata ini. Walau mencari
dalam kamus bahasa Indonesia , dll tidak akan ditemukan. Kenapa....... ?
Karena memang tidak ada........
Kasoami itu adalah sejenis makanan khas tradisonal di Sulawesi Tenggara (Buton).
Bahannya dari Ubi kayu yang diparut kemudian diperas airnya. Nah.. ampasnya yang diambil
lalu dicetak berbentuk kerucut ( mirip nasi tumpeng ).
Enaknya dimakan saat masih hangat dicampur dengan Ikan Palumara ato ikan Bakar ( Boronang, bolu, dll ). Lebih enak lagi klo di dukung dengan sambal yang tidak terlalu pedas.... masippa iiodee.
Bila ingin menikmati Kasoami ini, susuri saja jalan By pass dipinggir laut ke arah wua-wua.
Dekat pasar ikan banyak yang jual ( pagi-pagi sudah ada mi ). Memang, banyak yang jual Kasoami tetapi rasanya beda-beda. Menurut saya yang enak itu ( favorit saya ) yang dekat penjual bensin eceran ( bukan promosi ato iklan ). Penasaran tooo,, cepatmi kesana pagi-pagi nanti tidak kebagian.

1 comment:

Anonymous said...

puu. ck..ck sa'teringat waktu dulu sa'tinggal di Kondari bela, itu di kemaraya dekat lapangan basket samping rumahnya pak Maola daud lewa sediki jembatang orang jual kasoami, edede enaknya..