Welcome!


Selamat datang di Kendaribeach, proyek rame-rame dari beberapa blogger Kendari. Untuk berpartisipasi, kirimkan ko punya profil singkat dan komentar ke Forum Silaturahmi Masyarakat Sultra :

Forum ini terselenggara atas bantuan Ichal dari Kendari Info. Logo Design by Mokokoro.

Feb 2, 2007

Ko gambar.....

Pernah dengar kalimat "ko gambar...."?
Itu emang istilah khas Kendari. Jangan tersinggung jangan marah kalo misalnya anda mengadu ke teman lantas dia menjawab "ko gambar....".
Itu sebenarnya refleksi rasa peduli dia akan cerita anda. Misalnya saja, anda sedang berada di rantau dan satu saat anda kangen berat dengan masakan rumah lantas bercerita ke teman tentang hal itu. Saat dia menjawab seperti itu bisa jadi dia sedang ingin menghibur anda dengan memberi solusi yang rada-rada tak biasa.

Anakonda(ri) istilahnya emang beragam dan setiap tahun selalu ada yang baru. Beberapa tahun yang lalu, istilah yang kerap terdengar adalah "janter......jangan terlalu....." . Biasanya istilah ini digunakan untuk menanggapi hal/cerita yang agak2 berlebihan entah dalam nilai rasa atau tindakan. Mungkin agak mirip dengan istilah orang betawi "sok loe...." atau "belagu loe....". Entah...boleh juga kalo ada yang berminat riset tentang hal ini.

Istilah terbaru yang sempat terekam pertengahan tahun lalu, saat balik ke Kendari adalah..."jang ko bacrit.....". Apaan tuh.....
Bacrit itu singkatan dari banyak cerita. So, "jang ko bacrit......" bisa berarti "jangan cerewet" atau "jangan jadi ember bocor" atau "do not be a chatter box".
Yah....itulah anakonda(ri) emang suka menyingkat kata...
Segini dulu....takut bacrit ahhh.......

uppsss....apa lagi ya..istilah terbaru di Kendari?

1 comment:

Anonymous said...

ada lagi istilah baru orang kendari... "enjel kau..." singkatan dari "endak jelas"... kreatif!